Kuliah Creativity & Innovation

Di tulisan akhir blog ini, saya akan mengutarakan ilmu-ilmu dan pengalaman apa saja yang sudah saya dapatkan di kuliah Creativity & Innovation SBM-ITB semester ganjil.

Banyak Teori namun Ringan

Dari minggu ke minggunya kuliah CI ini memang cukup banyak membeberkan teori-teori mengenai Kreativitas dan Inovasi, tentu saja karena memang nama kuliahnya demikian. teorinya pun dari sekedar teori dasar hingga ke tingkat lanjut. Walaupun demikian, materi yang diberikan dilakukan secara menarik, yaitu dengan cerita-cerita selingan atau joke ringan yang cukup membuat kuliah ini menjadi terus menarik untuk diikuti.

Diskusi & Brainstorm

Di setiap sesinya, kuliah ini selalu terdapat diskusi kelompok. Hal-hal yang didiskusikan merupakan teori, konsep, ataupun sebuah tayangan video yang sudah dijelaskan oleh Paman Apiq sebelumnya. Di sesi diskusi ini saya merasakan salah bentuk upaya dalam penciptaan kreativitas dari segi inidividual dan kelompok. Mengapa bisa?Karena diskusi diberikan waktu yang cukup sebentar sekitar 15-20 menit, di waktu yang tidak banyak itu kelompok harus bisa memikirkan, berdiskusi bersama untuk menyelesaikan suatu soal atau masalah, sehingga mau tak mau disini dibutuhkanlah kreativitas untuk menyelesaikannya secara cepat dan tepat.

Dosen Tamu yang Inspiratif

CI pernah mendatangkan 2 dosen tamu yang menurut saya sangatlah berkaitan erat dengan kuliah ini dan lebih penting lagi adalah dosen-dosen tamu ini sangat inspiratif dalam menggerakkan kreativitas dan inovasi. Dosen tamu tersebut adalah Ridwan Kamil, seorang arsitek muda yang terkenal dengan konsep arsitek-nya yang unik dan punya gaya khas tersendiri. Sedangkan yang kedua adalah Budi Rahardjo, seorang pakar IT yang selalu tidak takut untuk mencoba hal-hal yang baru. Dari kedua dosen tamu ini saya mendapatkan insight dan pandangan yang menggugah saya mengenai kreativitas dan inovasi. Secara menyeluruh merek mereka memberikan tips-tips bagaimana kedua hal tersebut bisa tumbuh di dalam diri kita, bagaimana mengasahnya, dan apakah dampak kedepannya bagi lingkungan sekitar.

Rutinitas Blog yang Mengasah Pikiran

Di sesi akhir kuliah setiap minggunya, selalu diberikan tugas untuk membuat sebuah tulisan di blog pribadi dengan tema tertentu (yang sudah saya lakukan selama ini), dan cara penulisannya pun dibebaskan ke masing-masing mahasiswa, tentu tujuannya adalah agar mahasiswa bisa meng-explore dirinya sendiri di dalam tulisan. Bagi saya, dengan adanya rutinitas tersebut saya banyak mendapatkan hal positif.  Hal positif yang utama adalah tuntutan untuk berpikir terus. Secara tema yang diberikan sebagai tugas, tema tersebut sebenarnya tidak teralu sulit dan bisa dikerjakan dengan mudah. Namun, saya secara pribadi tidak akan puas jika menulis tanpa esensi dan hanya pendek. Oleh karena itu, disetiap tulisan saya terus berpikir dan mencari inspirasi agar tulisan saya ini bisa berbobot dan memiliki esensi yang penting secara keseluruhan.

Kreativitas & Inovasi

Terakhir, ilmu yang saya dapatkan dan juga paling utama adalah mengenai kreativitas & inovasi. Hal ini berbeda dengan teori dua hal tersebut yang sudah saya bahas di poin pertama, namun ilmu ini merupakan bagaimana kreativitas & inovasi bisa berkembang di dunia ini dan pengalaman-pengalaman perusahaan yang sudah menerapkan hal tersebut. Bagi saya, dengan melihat perusahaan-perusahaan yang sudah sukses, menjadi cambuk tersendiri untuk terus berkreasi ke tingkat yang lebih lanjut, dan modal utamanya adalah tentu saja : Kreativitas dan Inovasi.

Sekian sharing ilmu & pengalaman yang sudah saya dapatkan di kuliah CI ini

Terima Kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: