Kreatif itu…

Mengapa manusia perlu berpikir kreatif?

Dalam tulisan-tulisan terdahulu saya yang ada di blog ini semuanya mengacu kepada dua hal yang utama , yaitu : kreativitas dan inovasi. Mengapa?Yang pertama, tentu saja karena pembuatan blog ini merupakan tugas kuliah yang bernama Creativity & Innovation, yang tugasnya memang menulisnya hal-hal yang berbau tentang masalah inovasi dan kreativitas dari beberapa sumber. Sedangkan, untuk alasan yang kedua, inilah hal yang memang belum yang begitu paparkan secara eksplisit (namun sebenarnya sudah ada sedikit disinggung di beberapa tulisan). Alasannya adalah : manusia harus kreatif untuk bertahan hidup.

Pada dasarnya, manusia sejak dilahirkan sudah diberikan otak dan dalam perjalanannya otak tersebut mengalami perkembangan tahap lanjut yang menghasilkan akal & dan pikiran. Akal & pikiran ini dapat berupa macam-macam, seperti mengenai apa yang harus dilakukan, ini benar atau salah, mengapa begitu, sebaiknya bagaimana, dll. Intinya adalah pertanyaan-pertanyaan dalam kehidupan kita di dunia. Pertanyaan-pertanyaan tersebut berfungsi sebagai landasan apa yang akan kita lakukan dalam bentuk tindakan. Nah, tentu si akal & pikiran ini tidak muncul secara tiba-tiba, tapi berdasarkan proses dari kelima panca indera manusia. Inilah hal utama yang paling membedakan antara manusia dan hewan. Hewan memang mempunyai otak seperti layaknya manusia, namun tidak mempunyai proses perkembangan akal & pikiran, yang dipunyai hewan adalah naluriah yang sudah dari sananya begitu ( sudah terprogram).

Menagapa saya membahas mengenai akal & pikiran?Karena dari 2 hal tersebutlah manusia menjadi berpikir kreatif. Jadi, dengan kata lain manusia memang sudah ditakdirkan untuk berpikir kreatif, hanya saja memang ada manusia yang tingkatan kreatifnya rendah, ada juga yang tingkatan tinggi, semuanya tergantung seberapa sering kita mengasahnya. Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah benar semua manusia itu pada dasarnya sudah kreatif?

Hal ini sebenarnya sudah sempat saya bahas di tulisan yang ini , salah satu kutipan dari tulisannya adalah berikut :

Percayalah, semua orang di dunia ini saya jamin semua orang pernah melakukan hal kreatif dalam hidupnya. Memilih nama anak?Memilih jalan?Memilih gadget?Memilih rumah?Memasak sarapan?Membuat PR?

Hal-hal tersebut pernah kita lakukan bukan?Misalnya saat memilih nama anak jika bukan berdasarkan kreatifitas, nama anak di dunia ini mungkin akan sama semua, kemudian memasak sarapan jika tidak kreatif jangan-jangan tiap hari kita makan hanya dengan nasi dan telur selalu, atau juga dalam membuat PR tanpa cara kreatif, dijamin akan bosan mengerjakannya, dan masih banyak lagi contoh-contohnya.

Benar bukan?Semua manusia pasti pernah melakukan hal-hal tersebut. Walaupun terlihat simple, namun itulah bentuk dari kreativitas, walaupun dalam tingkat rendah. Yang tingkat tinggi?Ambil saja contoh perusahaan Apple yang bisa memberikan sentuhan kreativitas dalam produk ipodnya. Padahal kita mengetahui, bahwa mp3 player sebelum ipod sudah banyak yang beredar, namun mengapa baru di ipod-lah mp3 player bisa begitu booming?Karena, apple di produk ipod memberikan tambahan fitur, design, warna yang belum ada di produk lain sebelumnya, itulah bentuk kreativitas bukan?

Sehingga, inti yang mudah mengapa manusia perlu berpikir kreatif adalah : agar hidup lebih berwarna

Sosok Paling Kreatif?

Jika membahas mengenai sosok paling kreatif di dunia ini tentu akan sangat sulit, karena jumlahnya mencapai milliaran jiwa!Hal ini karena berdasarkan prinsip saya bahwa semua orang kreatif, sehingga akan sangat subjektif untuk menilai suatu orang itu menjadi sebuah sosok yang paling kreatif. Tetapi, saya akan mengajukan sebuah sosok yang mewakili sebuah kreativitas, yaitu :

ORANG INDONESIA!

Nasionalis sekali bukan?Kelihatannya begitu, tapi sebenarnya tidak. Jadi, saya memutuskan “menganugerahi” sosok paling kreatif ke orang indonesia yang berjumlah hampir 300 juta adalah karena berdasarkan tulisan terdahulu saya : Negara Paling Kreatif?Tentu Saja…..

Nah, jika melihat tulisan tersebut, pembaca akan mengerti bukan mengapa saya menganggap orang indonesia merupakan sosok yang kreatif?Itulah alasannya, dari hal-hal yang kecil agar terlihat menarik, banyak cara agar orang lain bisa tertarik dengan apa yang kita lakukan atau yang kita jual, dan kejadian-kejadian tersebut tentu saja dijamin ada dari Sabang sampai Merauke. Bagus bukan?

Perusahaan Paling Kreatif?

Saya anugerahi kepada :

Sejak kemunculannya berupa search engine, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page and Sergey Brin ini bertransformasi secara cepat hingga ditahun 2011. Dari “hanya” sekedar search engine saja, google saat ini sudah mempunyai ratusan produk yang sangat berguna dalam kehidupan manusia sehari-harinya. Selain itu, produk-produk google pun berbasiskan open source, yang berarti : gratis! Yap, gratis, itulah kata yang sangat digemari oleh manusia manapun di dunia ini, tidak perlu membayar namun orang-orang dapat menikmati produk-produk yang sangat bermanfaat, itulah google.

Google, saya anggap sebagai perusahaan yang paling kreatif karena seperti yang saya sebutkan tadi, mereka mencipatakan produk gratis untuk seluruh orang.So, dimana letak kreatifnya?Dari PRODUKNYA. Produk-produk google yang diciptakan kebanyakan bukanlah hal-hal yang baru, namun mereka dapat membuatnya menjadi sebuah hal yang memikat, simple dan orang menyukainya. Disanalah inti kreativitas dari google : KONSUMEN dan GRATIS

Berikut beberapa produk google yang menurut saya sangat essensial  :

Google Search Engine

Zaman sekarang siapa yang tidak pernah menggunakan google?Segala informasi yang tidak kita ketahui pasti akan langsung kita cari di google. Padahal, search engine yang pertama kali kita kenal adalah Yahoo! Namun, akibat sistem yang dibuat oleh google dalam menampilkan relevansi halaman yang lebih akurat dibandingkan dengan yahoo, orang pun akhirnya terus menggunakan google sampai sekarang. Walaupun sekarang terdapat bing!, search engine dari microsoft, popularitas penggunaan google sepertinya tetap tidak akan tergantikan.

Google Mail (Gmail)

Produk dari google yang berupa email ini memang sekilas tidak begitu istimewa dibandingkan dengan hotmail ataupun yahoo. Namun, prinsip dari awal google yang mengedepankan simplicity sangat terasa didalam gmail. Tampilan yang tidak ribet, kecepatan login, interface friendly merupakan beberapa keunggulan yang ditawarkan. Selain itu, terdapat pula layanan chat dan SMS yang sangat memudahkan. Dengan fitur-fitur tersebut google berkesan untuk mendorong produktivitas penggunanya, yang tentunya berdampak positif.

Google Chrome

Sebelum kemunculannya, dunia web browser sudah dipenuhi oleh Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari. Awalnya, ini terlihat sangat tidak mungkin bagi google untuk memasuki pasar web browser ini. Namun, siapa sangka ternyata di awal kemunculannya google chrome banyak dipuji, alasannya : lagi lagi karena simplicity. Orang-orang yang menggunakan google chrome merasakan dalam pembukaan program sampai surfing lebih cepat dari yang lainnya, dan juga dalam tampilan yang tidak macam-macam merupakan keunggulan dari google chrome ini.

Android

Menurut saya inilah hasil kreativitas terbaik google sampai saat ini, yaitu operating system untuk mobile phone, Android. OS Android ini berfokus untuk platform Tablet dan Smartphone. Google menempati dirinya di 2 platform tersebut karena trend pasar yang memang saat itu (2005) dalam 5 – 10 tahun ke depan akan menuju kesana. Kenyataannya?Sangat benar. Sampai saat ini Android sudah meraup market share smartphone secara signifikan, menggeser RIM (Blackberry) dan sudah mendekati Apple. Keunggulan utamanya adalah banyak aplikasi-aplikasi gratis yang tersedia di Android Market, dan membebaskan developer untuk menaruh hasil ciptaannya di market tersebut, sehingga konsumen pun mempunyai banyak alternatif yang dapat dipilih.

Masih sangat banyak produk-produk lainnya yang belum disebutkan seperti : youtube, blogger, google trends, google maps, google earth, google +, dan yang terbaru adalah google music.

*****

Kesannya saya seperti promosi ya?Tapi sebenarnya saya hanya mendeskripsikan bagaimana google bisa saya anggap sebagai perusahaan paling kreatif didunia. Perkembangan-perkembangan yang dilakukan secara terus-menerus menunjukan bahwa suatu hal dapat memberikan nilai jual apabila kita dapat mengemasnya dengan cara berbeda dan mengetahui apa keinginan orang-orang, itulah prinsip kreativitas yang diajarkan google kepada saya.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: