Creating Creative Business

Tulisan blog kali ini merupakan hasil dari forum yang diadakan oleh Akademi Berbagi, dengan pembicara Ridwan Kamil yang dilaksanakan di Comlabs ITB. Secara garis besar isi materi yang disampaikan adalah yang dijabarkan dibawah ini :

Background

  • Dunia sekarang sudah mengenai ide & kreativitas
  • Komponen utama dalam penggerak industri kreatif adalah modal usaha dan pembiayanya itu disebut sebagai venture capital
  • Namun, sayangnya masalah modal inipun merupakan masalah Indonesia itu sendiri, yakni susahnya proses dalam pemberian modal.
  • Secara potensi, banyak kota Indonesia yang bisa dikembangkan menuju daerah kreatif industri, salah satunya adalah Bandung. Mengapa?yang menjadi faktornya adalah, cukup banyaknya institusi pendidikan yang membuat banyak mahasiswa atau anak muda yang terdorong membuat suatu bisnis kreatif akibat pengetahuan yang didapat di institusi pendidikan tersebut.

Syarat Suatu Kota Menjadi Kreatif

Talent -> Banyak sekolah/institusi pendidikan

Tolerant -> Terbuka pada ide, jangan segala-gala dilarang. Disupport oleh pemerintah daerah

Technology -> Melek teknologi, membuat progress yang cepat

Tipe Kota Kreatif

Bandung

  • Cosmopolitan (sudah bercampur dengan berbagai budaya)
  • Banyak pendatang
  • Tanpa memiliki sejarah kerajaan

Yogyakarta

  • Sangat lengket dengan keturunan kerajaan
  • Kultur banyak bercampur dari turis asing

Bali

  • Semua orang adalah seniman
  • Seni merupakan kewajiban warga bali dari sejak ia lahir
Dari contoh penjelasan diatas, bboleh dikatakan bahwa Bandung bisa dikatakan menjadi “real creative industry city” karena memang hal tersebut dibuat melalui proses dan tidak melalui sebuah sitem yang sudah mengharuskan untuk seperti demikian.
Mengapa mempunyai kota kreatif itu penting?Karena dari perekonomian kreatif lokal-lah yang membuat Indonesia mempunyai pemasukan. Sehingga, ekonomi lokal merupakan fondasi dan berperan penting bagi perekonomian Indonesia secara keseluruhan
Ciri Orang Kreatif
  1. Innovative (Out of the Box)
  2. Risk Taker (Calculated)
  3. Visionary (Setting Goals)
  4. Strong Leadership  (ex. Motivating)
  5. Problem Solver (Find the Problem then the Solution)
Selain itu terdapat quote dari Daniel Pink, yang cukup menggambarkan bagaimana sesungguhnya orang kreatif itu
“The future will be ruled by the right-brainer”
Right Brain berarti -> Impulsif, reaktif, eksploitif, dan imajinatif
Menjadi Orang Kreatif
Kreatif bukanlah suatu gift yang akan kita dapatkan sejak kita lahir, namun kreatif merupakan suatu proses yang bisa kita asah dan latih melalui beberapa tahapan berikut :
  1. Observe -> Gaul, lihat situasi, lihat sekeliling, selalu membaca!
  2. Imagination -> Selalu berpikir sesuat diluar kebiasaan
  3. Select -> Pilih hal-hal yang paling memungkinkan setelah apa yang diobserve (Innovate or Imitate)
  4. Think Different -> Temukan perspektif lain dalam berpikir
  5. Don’t Avoid Problem -> Jangan lihat maslaah sebagai beban, namun jadikan itu sebagai peluang
  6. Make Plan -> Rencanakan, jangan kumaha engke!
  7. Scalabale -> Buat sesuatu yang bisa diukur, dicapai. Mulailah dari hal yang kecil, FIRST STEP IS THE MOST IMPORTANT!
  8. Deisgn/Technology -> Dunia bisnis sekarang selalu berfokus pada unsur design dan teknologi, manfaatkan!
  9. Networking -> Banyak tenaga ahli yang bisa kita jaring kerjasama yang memberikan opportunity bisnis
  10. Innovative Marketing -> Be different!
Foto-Foto
Iklan

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: