Negara Paling Kreatif?Tentu Saja…..

Sebelum berbicara lebih jauh mana negara yang paling kreatif, mari pertama-tama kita melihat definisi dari kreatif itu sendiri. Menurut wikipedia.com ,creativity (kreatifitas) adalah :

proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada

Nah, jika melihat definisi di atas, mungkin dari benak kita sudah terdapat “kandidat-kandidat” negara yang kita anggap sebagai negara kreatif.¬† Apakah Amerika Serikat yg banyak memunculkan banyak penciptaan hal-hal baru dalam bidang teknologi serta inovasi? atau Jepang yang banyak mencipatakan barang-barang kreatif tepat guna?Atau juga Cina, yang kreatif menciptakan banyak barang “bermerek” dengan harga murah?atau negara-negara di Eropa?atau…atau…dan atau.

Bahkan jika disebutkan satu persatu beserta contohnya, list tersebut akanlah sangat panjang. Namun, saya disini melihat bahwa negara paling kreatif bukan berarti yang memang hasil kekreatifannya tersebut benar-benar kreatif. Dalam artian suatu hal pun dapat tergolong kreatif dalam hal yang tidak disangka-sangka, aneh ataupun hal yang sebenarnya salah. Dari sisi inilah saya melihat sisi kreatif tersebut. Negara yang saya pilih ini pun sebenarnya cukup subjektif karena inilah satu-satunya negara yang pernah saya tinggali dalam waktu lama, sehingga tentu saja saya dapat melihat banyak-banyak hal kreatif di negara ini. Tetapi, berkat hal tersebutlah saya bisa memastikan negara INILAH yang berhak menyandang sebagai negara paling kreatif, yaitu :

INDONESIA

http://www.flickr.com/photos/mr_t_in_dc/2503224501/(Thanks to “Mr. T in DC”)

Mengapa?Inilah Bukti-buktinya :

1. MOTOR ANTI-HUJAN

Males hujan-hujanan kalo naik motor?Males pake jas hujan?

Tenang…ada solusinya

2. KENDARAAN CEPER

Impian punya mobil ceper kayak gini. Tapi, sayang duit buat makan aja susah. Apalagi buat ginian…

Tapi..

Memang cuman mobil aja yg bisa diceperin?

3 . MODIF MOTOR

Bosen ama model spakbor motor kepunyaan?Tapi duit aja ngak punya?

Bisa kok…kan ada

DAUN PISANG!

4. BRANDING JASA

Tambal ban gini udah biasa, yang dateng juga jarang..

Jadinya sih…

Mending buka praktek aja ya

5. BERDAGANG & BERJUALAN

Pengen jualan , tapi kalau sewa ruko mahal…

Untungnya…

Ada tempat buat jualan gratis

Jika dilihat secara sekilas, gambar-gambar diatas mungkin terlihat hanya gambar-gambaryang  unik dan lucu. Namun, sebenarnya jauh dibalik itu terdapat sebuah makna terutama dalam makna sebuah arti kreatif.

Kelima gambar diatas masing-masing merupakan representative sebuath kreativitas dari sesuatu apa yang mereka inginkan, dambakan tetapi ,dengan beberapa alasan . Seperti , masalah ekonomi yang terbatas, status sosial yang tidak memungkinkan, atau bahkan hanya sekedar iseng dan malas. Dari hal-hal tersebutlah timbul hasil kreativitas itu. Tetapi, yang sekarang menjadi pertanyaan besarnya adalah ‘Mengapa hal-hal kecil seperti ini ,dijadikan sebagai perwakilan untuk kreatifitas negara Indonesia?’

Justru, disinilah intinya. Hal-hal kreatif yang kita anggap selama ini , selalu merupakan hal-hal kreatif yang dianggap “wah, gila, keren, menakjubkan, dll”, ataupun yang terekspose secara luas. Tetapi, sesungguhnya kreatifitas yang sesungguhnya bersumber dari hal-hal yang kecil dan tanpa batasan tertentu. Beberapa contoh diatas memang cukup menggambarkan hal-hal ironis yg dilakukan oleh orang Indonesia. Spakbor motor yang sudah hilang atau rusak terpaksa diganti hanya oleh selembar daun pisang yang bisa ditemukan dimana saja, ataupun karena tidak mempunyai uang untuk menyewa tempat, seseorang nekad menjual barang dagangannya di sisi rel kereta api.

Inilah potret sesungguhnya Indonesia, dan ini pula potret bagaimana di dalam keadaan terjepit, di segala keterbatasan seseorang terpaksa berpikir sesuatu untuk memenuhi kebutuhannya dengan mengorbankan beberapa aspek. Namun, pada akhirnya tetap kita harus memberi acungan jempol pada mereka-mereka, karena mereka tetap terus berusaha ,sehingga timbul ide kreatif untuk melakukan sesuatu. Hal lain yang juga penting adalah : mereka tidak pasrah pada keadaan.

“Tidak pasrah pada keadaan” merupakan sikap yang harus selalu ditanamkan pada setiap orang tidak peduli apapun kelas sosialnya. Karena dari sikap inilah seseorang dapat menciptakan sebuah ide ataupun pemikiran yang tidak pernah diduga sebelumnya, yang mungkin saja dalam jangka panjang , dapat bermanfaat bagi khayalak orang banyak ataupun bagi negaranya.

Berapa banyak suatu produk atau jasa kreatif & inovatif yang tercipta merupakan hasil dari iseng-iseng atau kebetulan?jawabannya : BANYAK

Sehingga, jangan aneh jika suatu waktu, daun pisang dapat menjadi bahan dasar untuk spakbor motor, ataupun pemasangan cover plastik anti-hujan di motor menjadi trendsetter berikutnya di Indonesia. Karena, mungkin dari ide-ide kreatif seperti itulah suatu penemuan dapat terjadi dan berkembang dikemudian hari.

Dan, tentunya kita berharap semoga hal tersebut banyak yang berasal dari INDONESIA.

sumber dan referensi :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8038506

http://adevindesign.wordpress.com/2011/05/17/only-in-indonesia-unik-tiada-tara/

http://freeforal.blogspot.com/2010/04/motor-masa-depan-hanya-di-indonesia_03.html

http://rian297.blogspot.com/2011/01/ngga-punya-mobil-and-motor-gerobak-pun.html

http://wonklemu.blogspot.com/2011/02/tukang-tambal-ban-ini-bergelar-dokter.html

Iklan